Skip to main content
Artikel

Tentang Flakka Dan Gorilla

Dibaca: 40 Oleh 28 Agu 2019Desember 13th, 2020Tidak ada komentar
Tentang Flakka Dan Gorilla
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Mungkin Narkoba Flakka dan Tembakau Gorilla sudah pernah kita lihat dan dengar di berbagai media masa atau pun di media jejaring sosial. Flakka adalah obat psikoaktif sintesis jenis Amphetamine Type Stimulants (ATS). Flakka mengandung senyawa katinona, atau alpha-pyrrolidinopentiophenone (alpha PVP). Di Indonesia Flakka merupakan narkoba jenis baru, akan tetapi Flakka sudah terdaftar dan sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 2 tahun 2017 dengan nama kimia alfa PVP sebagai salah satu jenis narkoba berbahaya yang peredarannya dilarang.

Tentang Flakka Dan Gorilla

Flakka merupakan narkoba yang dikategorikan narkoba versi murahnya jenis kokain,Flakka hanya dibanderol sekitar $ 3 hingga $ 5 atau setara dengan Rp 42 ribu sampai  Rp 73 ribu saja. Sementara kokain dipatok dengan harga pasaran yang jauh lebih mahal, hingga sekitar $80 atau Rp 1 juta-an. Akan tetapi efek dari Flakka jauh lebih dahsyat dari pada kokain. Sehingga banyak pecandu narkoba jenis kokain beralih pada Flakka ini yang jauh lebih berbahaya dari kokain.

Tentang Flakka Dan Gorilla

Penggunaan Flakka pertama kali dalam dosis kecil (kurang dari 100 miligram) mungkin sebatas menimbulkan efek euforia, perubahan perilaku, dan perubahan suasana hati umum layaknya efek narkoba jenis stimulan lain seperti kokain dan sabu. Misalnya, jadi lebih bersemangat, merasa lebih segar dan amat sangat gembira, hiperaktif, banyak bicara, dan jauh lebih percaya diri dari sebelumnya. Beberapa orang yang menggunakan flakka juga mungkin merasakan rangsangan yang berlebihan karenanya.

Efek tersebut datang dari lonjakan hormon dopamin dan norepinefrin secara berlebihan setelah mengonsumsi zat stimulan. Peningkatan kadar dopamin dalam otak yang berlebihan dapat memunculkan sensasi euforia, alias perasaan bahagia yang berlebihan. Sementara kadar norepinefrin yang melonjak naik dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, yang keduanya bisa membuat Anda lebih awas.Flakka dapat membuat pecandunya berperilaku seperti zombi atau mayat hidup yang beringas dan tidak dapat mengontrol dirinya.

Tentang Flakka Dan Gorilla

Sedangkan Gorilla di Indonesia mungkin masih jarang terdengar. Tembakau gorilla tidak jauh beda dengan ganja dan sejenisnya. akan tetapi efek dan bahaya yang ditimbulkan oleh tembakau gorilla lebih berbahaya dari ganja.Para pengguna gorilla merasa sangat aman  karena mengira tembakau super ini alami dan berasal dari tanaman herbal. Banyak yang meyakini ganja sintetis tersebut tidak berdampak buruk terhadap kesehatan penggunanya. Ada pula keluarga pasien yang melihat pengguna melinting “tembakau” di kamar dan mengira itu hanya tembakau rokok biasa.

Tembakau gorila mulai ramai diperbincangkan lagi ketika video pilot Citilink yang diduga mabuk menyebar di dunia maya. Ada yang menduga pilot tersebut berada di bawah pengaruh alkohol, namun ada juga yang menduga ia menghisap tembakau gorila. Namun, kedua asumsi tersebut telah dibantah dengan hasil tes yang negatif. Menurut United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), lembaga PBB yang khusus menangani kejahatan narkoba, synthetic cannabinoid (ganja sintetis) berbentuk serbuk kristalin yang berwarna putih, abu-abu bahkan coklat kekuningan. Umumnya larut dalam pelarut organik seperti metanol, etanol, acetonitril, etil asetat dan aseton sehingga setelah larut akan dengan mudah disemprotkan ke dalam bahan lain, semisal daun-daunan herbal ataupun tembakau.

Tentang Flakka Dan Gorilla

Intinya kedua jenis narkoba baru ini sangat berbahaya bagi masyarakat apabila dikonsumsi atau pun disalahgunakan, Di Indonesia narkoba ini sudah mulai masuk dan berkembang secara perlahan, Untuk itu,  Perlu dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak dan elemen masyarakat agar penyalahgunaan narkoba ini dapat dicegah sejak dini dan dapat diantisipasi dengan tepat dan cepat agar tidak memakan korban lebih banyak lagi.#stopnarkoba#lawannarkoba#indonesiabersinar.(ahn)

 

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel