Senin, 19 Februari 2018
Terlibat Narkoba, Dampaknya bisa berakibat Fatal Bagi Generasi Muda

Bone Bolango/ Gorontalo- Narkoba Menjadi musuh utama bangsa Kita, Memerangi narkoba bukan hanya tanggung jawab dari instansi terkait seperti BNN dan Kepolisian. Perang terhadap narkoba juga merupakan tanggung jawab kita bersama. Generasi muda merupakan ujung tombak bagi bangsa. Maka dari itu para generasi muda harus kenali lebih dulu pengetahuan tentang narkoba dan bagaimana cara pencegahannya, papar Mulyati Salah Seorang Penyuluh Ahli Pertama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango yang menjadi narasumber dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) disertai Penyuluhan bahaya narkoba di kalangan peserta didik baru bertempat di Aula SMPN 2 Suwawa pada rabu pagi (19/07).

 Dalam materinya, Mulyati Menjelaskan bahwa efek narkotika itu sangat jahat, ada yang berdampak pada fisik, mental bahkan sampai pada efek sosial yang bisa dikucilkan dimasyarakat. Banyak kalangan anak muda sekarang lebih sering mencoba-coba hal baru untuk dapat mengekspresikan dirinya di dalam pergaulan dengan teman sebaya. Hal ini kalau tidak di kontrol dengan baik oleh orang tua dan para guru, bisa-bisa anak tersebut dapat terjerumus ke hal-hal negatif salah satunya yaitu penyalahgunaan narkoba.

Mulyati juga menambahkan ada banyak narkoba yang beredar di zaman sekarang ini, shabu-shabu, ganja, heroin, katinon, bahkan ada yang terbaru yakni crocodile dan flaka.

“Narkoba beragam macam jenisnya, efek dan dampaknya pun bermacam-macam, “ada yang bisa membuat orang mempunyai gairah aktivitas yang tinggi, ada yang dapat menenangkan pikiran, ada yang bisa membuat berhalusinasi bahkan ada yang dapat membuat manusia itu bertindak seperti layaknya seorang Zombie. “papar mulyati dihadapan para peserta MPLS.

Mulyati berpesan kepada para peserta didik baru bahwa penyalahgunan narkoba itu sangat berbahaya bagi tubuh manusia, bahkan bisa berakibat meninggal dunia bila telah over dosis. Para siswa merupakan tunas-tunas bangsa yang merupakan generasi penerus dalam membangun negeri Indonesia, maka dari itu kalian jangan mau diperdaya oleh apa yang namanya narkoba, pesan mulyati di akhir materinya.

Menutup akhir penyuluhan narkoba di SMPN 2 suwawa Tim Penyuluh BNNK Bone Bolango Memutarkan video singkat kepada peserta didik baru tentang dampak dan bahaya narkoba bagi tubuh manusia yang sudah terjerat dengan narkotika dan psikotropika.#Stopnarkoba***(Rul)