Kamis, 21 Juni 2018
Sekda Bone Bolango Dorong Peran Aktif ASN Dalam Pencegahan Narkoba

Gorontalo/Bone Bolango, Meningkatkan Peran serta dan menggerakan seluruh sumber daya untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunan dan peredaran gelap narkoba serta selalu melibatkan seluruh anggota komponen masyarakat termasuk unsur pemerintahan dalam berpartisipasi mewujudkan masyarakat Bone Bolango yang bebas narkoba, bertakwa, sehat dan berkualitas,  ini diungkapkan oleh Ir. Ishak Ntoma, M.Si Selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango dalam acara Rapat Kerja (Raker) Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Instansi Pemerintah yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango pada selasa pagi (25/07) bertempat di Maqna Hotel Kota Gorontalo.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Bone Bolango ini dihadiri oleh sejumlah 30 orang peserta berasal dari Pimpinan Instansi/Kepala SKPD di jajaran pemerintahan Kabupaten Bone Bolango yang terkait dalam upaya Pencegahan dan pemberantasan narkoba.

Kegiatan yang bertema, peran aktif Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menciptakan lingkungan bebas narkoba di instansi pemerintah ini, di buka secara langsung oleh Sekda Kabupaten Bone Bolango yang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Kepala BNNK Bone Bolango, Kepala Stasion Radio RH dan Kepala Kementrian Agama dalam hal ini sebagai bentuk upaya nyata dalam kerja sama menggalakan sosialisasi bahaya narkoba dari segi dampak, efek dan pandangan agama melalui salah satu media radio lokal milik pemerintah untuk kemudian nanti disiarkan secara langsung kepada masyarakat di Provinsi Gorontalo khususnya yang berada di wilayah kabupaten Bone Bolango.

Dalam sambutannya, Sekda yang turut menjadi pemateri dalam acara tersebut sangat mengapresiasi tugas dan peran BNNK dalam upaya menanggulangi masalah narkoba di bone bolango. Sebelumnya BNNK Bone Bolango juga sudah menggandeng instansi pemerintah lainnya yakni Kementrian agama dalam bekerja sama mewujudkan program P4GN melalui sosialisasi maupun penyuluhan narkoba yang disisipkan di setiap aktivitas keagamaan di lingkup kerja Kementrian agama Kabupaten Bone Bolango.

“ini adalah salah satu keseriusan dari BNNK Bone Bolango untuk bersama-sama mencegah dan memberantas peredaran gelap narkoba di jazirah Bone Bolango, papar Ishak.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati, Oleh karena itu termasuk di dalamnya unsur pemerintah, peran aktif para pegawai negeri sipil perlu diperlukan serta harus diperkuat dengan suatu regulasi yang komprehensif dan terukur agar kita bisa membasmi penyalahgunaan narkoba tersebut, “ tambah Ishak

Sekda yang memaparkan materi tentang Strategi pemberdayaan masyarakat anti narkoba di instansi pemerintah mengungkapkan bahwa ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan usaha pencegahan narkoba di lingkup pemerintahan, antara lain melakukan shalat Subuh berjamaah yang dirangkaikan dengan pemberian siraman rohani mengulas tentang bahaya narkoba, yang sudah diterapkan oleh lingkungan pemerintah daerah kab. Bone bolango sampai saat ini.

Hal lain yang perlu digalakkan yakni dengan pemberian edukasi dini pencegahan narkoba setiap apel hari senin pagi bersama seluruh jajaran SKPD se-Kabupaten bone bolango.

Ishak juga Berpesan kepada BNNK untuk dapat melakukan kerja sama dalam upaya P4GN dengan ibu-ibu PKK dan Para Kepala-Kepala desa, guna mensosialisasikan narkoba ini sampai ke tingkat pemerintahan paling bawah.

“Informasi narkoba ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi dengan munculnya zat-zat terbaru yang dicampur dengan permen, kue dan bahan makanan lainnya, maka dari itu perlu sosialisasi lebih ke tingkat bawah, khususnya untuk kepala desa beserta stafnya dan ibu-ibu PKK agar nantinya mereka dapat melakukan upaya pencegahan di lingkungan keluarga dan masyarakat, imbuh Ishak di akhir materinya.

Disamping itu Narasumber lainnya yang hadir pada acara tersebut yakni KakanKemenag Bone bolango yang menyampaikan materi tentang pemberdayaan masyarakat anti narkoba di bidang keagamaan, seperti penguatan iman dan takwa kepada masyarakat dan pemberdayaan penyuluh agama, remaja mesjid, takmirul mesjid di tiap kecamatan untuk sosialisasi pencegahan narkoba.

Sebagai Penutup acara raker tersebut, Kepala BNNK Bone Bolango, Abdul Haris Pakaya, S.Pd, M.Si sembari menutup kegiatan itu, menambahkan untuk deteksi dini pencegahan narkoba di lingkungan instansi pemerintahan, BNNK Bone Bolango akan melaksanakan tes urine minimal 1 kali dalam 1 tahun di wilayah pemerintah daerah kabupaten bone bolango dan memfaslitasi alat tes urine sebagai upaya deteksi serta pencegahan dari zat narkotika, psikotropika, zat adiktif lainnya di lingkup instansi pemerintah daerah kabupaten Bone Bolango. #StopNarkoba**(Rul)