Sabtu, 18 Agustus 2018
Perkuat Komitmen Tokoh Agama Melalui Pelatihan TOT di Bidang P4GN

Bone Bolango/Gorontalo-Sebanyak 20 orang peserta penggiat anti narkoba pada kegiatan Pelatihan Trainer Of Tranining (TOT) di Bidang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) begitu serius dan bersemangat mengikuti jalannya rangkaian kegiatan tersebut. Peserta yang hadir kali itu berasal dari kalangan para tokoh agama meliputi para mubaligh/penyuluh agama di lingkungan kementrian agama kab. Bone Bolango. Kegiatan tersebut sebagaimana diselenggarakan oleh Seksi P2M Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango selama 2 hari berturut-turut dari tanggal (19-20/04) bertempat di maqna hotel kota gorontalo.

Seksi P2M BNNK Bone Bolango yang mengambil tema kegiatan yakni peran tokoh agama untuk mewujudkan masyarakat yang bersih dan bebas narkoba ini menghadirkan para penyuluh agama islam sebagaimana untuk membekali mereka dan memperkuat komitmen mereka sebagai penggiat anti narkoba di lingkungan masyarakat.

Menurut mulyati imran, SKM selaku Plt. Kepala Seksi P2M BNNK Bone Bolango, Penyuluh agama islam di desa ini sangat berperan dalam masyarakat, mereka sehari-hari selalu berinteraksi dengan perkumpulan masyarakat, baik diacara keagamaan maupun di kegiatan kemasyarakatan. Untuk memanfaatkan hal tersebut, mereka yang sudah menjadi penggiat anti narkoba khusus penyuluh agama ada baiknya diberikan pelatihan agar mereka bisa lebih aktif dan efektif lagi dalam menyuarakan dan mensosialisasikan bahaya narkoba yang dikaitkan dengan nilai-nilai  keagamaan di kelompok masyarakat.

Di hari pertama kegiatan TOT, peserta dibekali penguatan materi oleh Sekretaris Daerah kab. Bone Bolango, Ir. Ishak Ntoma, Msi. Sekda Menekankan ke seluruh peserta tujuan dari kegiatan pelatihan ini yakni sebagai tokoh agama maupun mubaligh kita harus mendukung serta mempunyai komitmen dan kepedulian untuk menanggulangi bahaya narkoba yang sudah darurat di negara kita. Selain Sekda, Peserta juga mendapatkan penguatan materi dari Kepala BNNP Gorontalo, Brigjen pol. Oneng Subroto, MH dan Kepala BNNK Bone Bolango, Abdul Haris Pakaya, S.Pd. M.Si tentang Pencegahan Narkoba dan Beberapa Aspek Hukum yang diatur dalam program P4GN.

Brigjen Pol Oneng Berpesan kepada penyuluh agama untuk selalu memasukan P4GN dalam agenda kerja pertemuan di masyarakat. “Saya titip Masalah Narkoba ini kepada bapak dan ibu penyuluh agama untuk senantiasa selalu disampaikan pada masyarakat di bone bolango”, tuturnya. Selain itu dihari pertama pelatihan, peserta juga mendapat pembekalan dari Kabid P2M BNNP gorontalo tentang strategi mewujudkan lingkungan masyarakat bebas narkoba dan materi layanan rehabilitasi dari Kabid rehabilitasi BNNP Gorontalo.

Pada hari kedua peserta kegiatan mendapat arahan dari Kadis PM-Pemerintah desa mengenai rencana aksi di desa terkait program P4GN, Juga materi kajian islam terkait bahaya narkoba dari Kakankemenag Bone Bolango, dan pada sesi terakhir acara, peserta dibekali dengan tekhik berbicara di depan umum untuk meningkatkan tugas dan pengetahuan peserta sebagai penyuluh agama yang selalu senantiasa mensosialisasikan bahaya narkoba di tengah-tengah masyarakat. StopNarkoba(rul)