Sabtu, 26 Mei 2018
Kuatkan Penyuluh Agama Islam Di Dua Kecamatan Dengan Sosialisasi Materi P4GN

Bone Bolango/Gorontalo- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango melakukan kunjungan ke Kantor Urusan Agama (KUA) yang berada di dua kecamatan yakni kecamatan Bulango Selatan dan kecamatan Kabila Bone pada Senin dan Selasa    (26-27/03), Kunjungan tersebut dalam rangka untuk menguatkan peran penyuluh agama islam serta merupakan tindak lanjut kerja sama antara BNNK dan Kementrian Agama Kabupaten Bone Bolango dalam mensosialisasikan bahaya narkoba di masyarakat.

Di hari pertama, Tim BNNK Bone Bolango yang terdiri dari Kasie P2M, Kasie Rehabilitasi, dan Tim Penyuluh Narkoba BNNK Bone Bolango mendatangi KUA di Kecamatan Bulango Selatan. Dalam kegiatan itu, juga turut dihadiri oleh Koordinator Penyuluh Agama Islam Kemenag, Valiath Chatib, S.Ag.

Dalam Kunjugan pertama, Tim BNNK Bone Bolango disambut oleh Kepala KUA Bulango Selatan, Drs. Abdurahman Saridi. Ia berterima kasih Kepada BNNK Bone Bolango karena tugas Kemenag untuk membimbing dan membina Masyarakat ke arah kebaikan, juga turut digalakkan oleh BNNK Bone Bolango terutama untuk pencegahan dan penyalahgunaan narkoba yang dilarang dalam agama islam.

Kasie P2M BNNK Bone Bolango, Mulyati Imran,SKM dalam penyampaiannya kepada 9 orang Penyuluh Agama islam yang hadir, memberikan materi tentang pencegahan narkoba di lingkungan keluarga. Mulyati berpesan kepada penyuluh agama itu untuk selalu melakukan penyampaian materi bahaya narkoba kepada masyarakat walaupun hanya 5 menit di sela-sela kegiatan keagamaan di masyarakat, seperti majelis taklim, pengajian, tadarus dll. Mulyati pun juga menjelaskan bahwa dampak narkoba ini bisa menimbulkan perilaku yang menjauhkan dari nilai-nilai keagamaan.

Sementara itu di kunjugan hari ke dua yang bertempat di KUA Kecamatan Kabila Bone, Tim BNNK Bone Bolango disambut langsung oleh Kepala KUA Kabila Bone, Drs.Nasir U. Rahim. Dalam pertemuan yang dihadiri oleh 7 orang penyuluh agama itu, Nasir sangat Mendukung Program BNN terutama di bidang pencegahan dan pemberantasan narkoba bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu pun, Kasie Rehabilitasi BNNK Bone Bolango, Devi Aryani Kum, SE.MM Mengajak seluruh penyuluh agama islam agar dapat menyisipkan materi bahaya narkoba di setiap mereka turun lapangan pada kegiatan keagamaan. “Saat turun lapangan nanti, para penyuluh agama senantiasa tidak melupakan penyampaian program BNN terutama program rehabilitasi”, terang Devi.

Devi pun menghimbau jika ditemukan korban penyalahguna narkoba disekitar mereka, agar segera melaporkan ke BNN atau instansi terkait dan janganlah takut untuk melaporkan karena korban narkoba itu orang yang sakit yang mereka perlu disembuhkan.

Kasi Rehab itu pun memberikan informasi kepada penyuluh agama bahwa di wilayah kec. Kabila bone ada fasilitas layanan rehabilitasi yang terdekat dengan wilayah itu. Yakni layanan rehabilitasi rawat jalan yang ada di Puskesmas Bonepantai dan layanan rehabilitasi rawat inap di RSUD Tombulilato yang merupakan IPWL yang ada di kabupaten Bone Bolango. #StopNarkoba(rul)