Senin, 19 Februari 2018
Kejahatan Narkoba Terkait dengan Terorisme

Bone Bolango/ Gorontalo- Kejahatan narkotika sebagai kejahatan luar biasa, terorganisir dan bersifat lintas negara telah mengarah terjadinya beberapa kejahatan lain misalnya terorisme, perdagangan orang. Kejahatan ini membutuhkan penanganan serius dengan pendekatan seimbang antara pengurangan pasokan dan pengurangan permintaan.

 Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo dalam amanat yang dibacakan Sekda Bone Bolango, Ir. Ishak Ntoma dalam apel Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di lapangan Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (17/7).

 Dalam sambutan memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2017 tersebut Presiden meminta kepada seluruh unsur pemerintahan dan masyarakat bersatu padu secara aktif untuk melakukan upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika mulai dari lingkungan keluarga dan tempat tinggal dengan membentuk relawan anti narkoba tingkat rukun tetangga.

 “Perjuangan untuk melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika merupakan tanggung jawab bersama,” tulisnya.

 Sesuai membacakan sambutan tersebut Sekda Bone Bolango menambahkan bahwa kunci penanganan narkoba adalah perbaikan yang menyeluruh, terutama dimulai dari lingkungan keluarga. “Pencetus penyalahgunaan narkoba itu adalah masalah-masalah keluarga. Bangunlah komunikasi yang harmonis serta saling pengertian. Jangan sampai anggota keluarga kita mencari pelampiasan di luar,”ujarnya.

 Apel Korpri bersama Pemkab Bone Bolango dan dirangkaikan peringatan HANI 2017 ini dihadiri Kepala BNNK Bone Bolango Abd. Haris Pakaya S.Pd, M.Si. dan Kepala-Kepala SKPD se-Bone Bolango.

 HANI sendiri adalah peringatan tahunan yang digagas United Nations of Drug and Crime (UNODC), yaitu lembaga PBB yang mengawasi masalah kejahatan obat-obatan terlarang. HANI sejatinya diperingati setiap tanggal 26 Juni, tetapi karena pada tahun ini tanggal tersebut bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, maka perayaan HANI diundur menjadi 13 Juli 2017 dan dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Tema HANI tahun ini adalah “Peran Aktif dan Pendayagunaan Seluruh Komponen dan Potensi Bangsa dalam Menghadapi Keadaan Darurat Narkoba Menuju Indonesia yang Sehat”.***jam