Kamis, 22 November 2018
Cegah Narkoba, BNNK Bone Bolango Gelar Tes Urine Bagi Pekerja Swasta

BoneBolango/Gorontalo- Sebanyak 60 orang kelompok kerja di lingkungan swasta di kecamatan tilongkabila, tapa, kabila dan suwawa dilakukan pemeriksaan urine oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango. Gelaran kegiatan itu di laksanakan oleh seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK bone bolango selama 4 hari di masing-masing kecamatan yang sudah dijadwalkan mulai dari tanggal 26/09-01/10.

Adapun kelompok kerja swasta yang merupakan sasaran dari kegiatan ini yakni berasal dari golongan kelompok kerja yang memiliki jenis usaha ternak, kelompok petani, kelompok tailor dan kelompok usaha bersama atau KUBE.

Sebelumnya para kelompok kerja ini sudah mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) mengenai pencegahan narkoba di lingkungan tempat kerja mereka. Pekerja swasta ini dibekali dengan muatan materi pencegahan narkoba pada lingkungan kerja dan cara memberdayakan masyarakat anti narkoba agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Sebagai dampak dari kegiatan bimtek itulah maka para pekerja swasta ini dilakukan pemeriksaan urine langsung ke wilayah tempat mereka bekerja. Mereka diperiksa urinenya bersama anggota atau karyawan yang bekerja di kelompok usaha yang mereka jalankan.

Tim P2M BNNK Bone Bolango selama 4 hari tersebut melakukan pemeriksaan urine di 4 kecamatan, peserta yang diperiksa urinenya antara lain ketua atau pengelola usaha dan karyawannya. Petugas BNNK Bone Bolango mengharapkan agar para pekerja yang sudah diperiksa urinenya dapat diberdayakan untuk mendeteksi dini dan menolak narkoba di lingkungan tempat kerjanya.

Muzzamil Massa, S.Sos salah satu Penyuluh Narkoba di BNNK Bone Bolango yang turun langsung melakukan pemeriksaan urine saat itu di desa moutong kecamatan tilongkabila, memberikan penjelasan bahwa tahap pelaksaanan pemeriksaan urine ini merupakan tahap deteksi dini bagi kelompok pekerja swasta, pekerja ditanyakan mengenai riwayat penyakitya selama 3 hari sebelumnya, kemudian di konseling oleh petugas BNN setelah itu diberikan pot urine dan langsung diperiksa urinenya oleh petugas BNN.

Muzzamil juga memberikan penjelasan mengenai bagaimana bisa mengetahui orang terindikasi positif atau negatif menyalahgunakan narkoba melalui alat tes urine.

Menurut muzzamil, para pekerja swasta yang diperiksa urinenya kali ini adalah contoh dari masyarakat anti narkoba yang sudah diberdayakan oleh BNNK Bone Bolango untuk menolak narkoba di lingkungan kerjanya. Harapannya agar masyarakat lainnya baik dari golongan pekerja swasta, pemerintah, dan aparat desa/kecamatan dapat berpartisipasi lagi dan lebih proaktif untuk mencegah dan menolak narkoba di lingkungan keluarga dan masyarakat.#StopNarkoba(rul)