Selasa, 22 Agustus 2017
BNNK Bone Bolango Perkuat Sistim Lembaga Rehabilitasi Pemerintah & Komponen Masyarakat

Bone Bolango/Gorontalo-----Senin (31/10) bertempat di Hotel Amaris, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango menggelar kembali Rapat Koordinasi dalam Rangka Penguatan Lembaga Rehabilitasi pemerintah dan komponen masyarakat yang dilaksanakan Oleh Seksi Rehabilitasi BNNK Bone Bolango. Sebanyak 20 Orang Peserta Kegiatan hadir mewakili instansi pemerintah meliputi Dinas Kesehatan, Puskesmas, BLH, KesbangPol, Kantor Pelayanan Perizinan (BPM-PTSP),  Satres narkoba Polres Bone Bolango dan Dinas Sosial Tenaga Kerja.  Adapun Perwakilan Komponen Masyarakat diwakili dari Direktur Klinik Arinah, Ademimi, LSM HUYULA Support serta Klinik Anugrah Kabila dan Tilongkabila.

Dalam Rapat koordinasi, yang dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala BNNK Bone bolango, Abd. Haris Pakaya, S.Pd. Msi turut memberikan dukungan kepada para stakeholder yang telah berpartisipasi dalam membentuk Sistim lembaga rehabilitasi Dalam hal ini untuk Membantu BNNK mendukung proses pemulihan para Pecandu Narkoba. Sistim ini nantinya berfungsi sebagai penghubung BNNK di ruang lingkup Masyarakat yang tidak bisa terlayani oleh layanan rehabilitasi BNNK, maka Dari itu Kami membentuk Sarana rehabilitasi baik medis maupun sosial yang bekerjama dengan BNNK Sperti Contoh Klinik Narkoba, Papar haris.

Rapat Koordinasi BNNK Bone Bolango diawali dengan Penandatangan MOU (memorandum of understanding) atau Nota Kesepahaman antara BNNK dengan dengan Dinas Kesehatan, dengan Puskesmas Kabila, Suwawa Dan Bonepantai sebagai Sarana lembaga rehabilitasi Medis Perwakilan Pemerintah yang dibentuk Oleh BNNK Bone Bolango.  

BNNK Menghadirkan Narasumber yakni Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Bone Bolango yang diwakili oleh Kepala Bidang pelayanan Kesehatan, Gayatri Dj. Soga, SKM.MPH yang memberikan muatan-muatan Materi Narkoba yang nantinya dapat Menjadi Pedoman Bagi Petugas yang telah ditunjuk untuk mengkoordinir Lembaga rehabilitasi yang dibentuk oleh BNNK.

Selain itu BNNK Bone Bolango juga menghadirkan Narasumber dari BNN provinsi gorontalo yakni Kepala Bidang Rehabilitasi , Dra. Maria Jeane Tanzil, Apt . dalam bahasannya Kabid Menekankan Kebijakan Pelayanan Rehabilitasi bagi petugas dan sarana rehabilitasi. Maria, menambahkan Kebijakan tersebut agar nantinya bisa diterapkan oleh Sarana rehabiltasi yang telah dibentuk oleh BNNK kabupaten Bone Bolango.

Sebagai Penutup, Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Bone Bolango yang sejak 1 Oktober kemarin baru menjabat sekaligus Ketua Panitia kegiatan, Devi Aryani Kum, SE.MM menambahkan pengurusan Izin Membentuk Lembaga rehabilitasi Dalam hal ini Klinik Narkoba  supaya bisa dipermudah dan diberikan rekomendasi bagi Lembaga Yang telah Wajib untuk menjadi sarana rehabilitasi, kami sangat Mengapresiasi Jika Ada yang dapat Mendukung Program BNNK, terutama untuk rehabilitasi Pengguna narkoba, Sehubungan dengan Urusan tersebut maka BNNK mengundang Instansi Terkait dalam Upaya Mendukung Proses pemulihan penyalahguna narkoba, Ujar Devi. #stopnarkoba.