Sabtu, 18 November 2017
BNNK Bone Bolango Gelar Training Of Trainer (TOT) P4GN Di Kalangan Masyarakat

BoneBolango/Gorontalo. Dalam Rangka Penguatan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pencegahan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango Menggelar Training Of Trainer (TOT) di lingkungan Masyarakat yang bertempat di Hotel Maqna Kota Gorontalo berlangsung selama 2 hari, Selasa-Rabu (29-30/11)

Kegiatan yang di selenggarakan oleh BNNK Bonbol Melalui Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Kab. Bone Bolango, Abdul Haris Pakaya,S.Pd.M.Si dengan menghadirkan peserta dari kalangan, Kepala Desa, Lurah, Aparat Desa, Karang Taruna, Ibu-Ibu Kader serta Instansi Pemerintahan yang terkait seperti Satpol PP dan Satuan Reskrim Narkoba Polres Bone Bolango.

Adapun Pelaksanan Kegiatan Pelatihan ini dimaksud, sebagaimana untuk Melatih dan Memberdayakan Masyarakat yang Berperan Aktif menjadi pemberi informasi atapun sebagai Relawan penggiat Anti Narkoba di Lingkungan keluarga dan Masyakat sekitar.

Dalam Kegiatan ini dilaksanakan Pengukuhan Relawan Penggiat Anti Narkoba untuk Masyarakat yang ada di Bone Bolango oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Gorontalo, Komisaris Besar Polisi Sumarno, S.Pd. Apresiasi ini diberikan secara simbolis kepada 2 orang perwakilan masyarakat, yakni kepada Lurah Oluhuta dan Lurah padengo.

“Tugas ini sangat berat, diharapkan relawan ini mampu mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab dan mampu mengajak masyarakat bone bolango pro aktif menghindari penyalahgunaan narkotika, sebab  ini merupakan tugas kita bersama dan kalian adalah perpanjangan tangan dari BNN”, Ungkap Sumarno.  

Peserta Training Of Trainer (TOT) P4GN diberikan muatan-muatan Materi Narkoba oleh beberapa Narasumber, diantaranya oleh Kepala BNNP Gorontalo yang mengulas tentang Aspek Hukum dalam P4GN dan pentingnya Komitmen kita sebagai masyarakat untuk mencegah, memberantas narkoba dari lingkungan keluarga. Disamping itu Peserta juga diberikan Pelatihan tentang cara bersosialisasi atau Tehnik berbicara di depan Publik yang mengacu pada penyampaian Materi Sosialisasi narkoba di masyarakat oleh Widyaiswara,             Drs.Riwan Laraga,MSi.

Para Peserta juga mendapat paparan materi dari Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP Gorontalo, Dra. Maria Jeane Tanzil. Apt, yang umumnya berupa Pengetahuan Dasar, Adiksi, Konseling dan Rehabilitasi.

Kegiatan ini disambut Positif oleh Peserta pelatihan yang hadir, diantaranya tokoh masyarakat dari kelurahan padengo, yang memberikan saran agar penyampaian dan penyaluran informasi sosialisasi narkoba dapat lebih efektif jika di buatkan dalam Naskah Khubat Jumat di tiap Minggunya.

“Segera kami Rencanakan Pembuatannya untuk tahun 2017 dan siap Dibagikan di tiap wilayah Kabupaten/Kota Khususnya untuk kab. Bone Bolango,  Nanti Koordinasi dengan BNNP Gorontalo melalui Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat”, Papar Haris.

Peserta juga Mengharapkan agar Iklan P4GN dari BNNK bonbol selalu terus disampaikan Kepada seluruh lapisan Masyarakat. “Pembuatan Iklan dan reklame P4GN Oleh BNNK Bonbol di masyarakat tetap terus dilaksanakan agar Mereka ingat dan paham betul mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba”, Tutur Lurah Oluhuta salah satu Peserta TOT.

Diakhir Kegiatan Pelatihan yang ditutup pada Rabu (30/11) Oleh Kepala BNNK BoneBolango, Abdul Haris Pakaya, Berharap agar peserta pelatihan yang telah dilatih oleh BNNK bonbol dapat mampu terampil dimasyarakat menjadi Pemberi informasi, Memberikan Sosialisasi dan memberdayakan masyarakat kelurahan maupun masyarakat desa untuk menolak penyalahgunaan narkotika dan bahan adiktif serta dapat mewujudkan kampung bersih narkoba di tahun 2017 nanti. #Stopnarkoba.