Senin, 19 Februari 2018
BNNK Bone Bolango Gelar Razia Operasi bersinar

Gorontalo/Bone Bolango, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango Menggelar Razia Operasi Bersih Narkoba (Bersinar) yang dilakukan di kawasan tempat hiburan malam di beberapa tempat pada sabtu malam (20/5). Operasi yang dimulai Pada Pukul 22.00 Wita tersebut, melibatkan sejumlah personil gabungan baik dari petugas BNNK Bone Bolango dan dari Instansi terkait seperti Satuan Reskrim (Satres) Narkoba Polres Bone Bolango, Satpol PP, Babinkabtimas Polsek Kabila dan Anggota TNI.

Operasi bersinar yang di pimpin oleh ketua tim Kepala Seksi pemberantasan BNNK Bone Bolango, AKP Fredy Rubai, SH dimulai dengan melakukan Apel bersama di halaman Kantor BNN Kab. Bone bolango.

Dalam arahannya, Fredy Menekankan operasi bersinar ini merupakan instruksi gabungan baik dari BNN dan dari Kepolisian yang dilaksanakan untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba di wilayah kabupaten bone bolango.

“Kita membagi kelompok razia bersinar ini dalam beberapa tim sesuai tugas masing-masing, Ada yang melakukan Test urine bagi karyawan dan tamu kafe dan ada yang melakukan penjagaan dan pengamaan lokasi razia, terang fredy membuka apel di malam itu.

Target sasaran razia operasi ini yakni tempat hiburan malam, baik dari karyawan kafe, tamu kafe dan pemilik kafe yang terlibat dalam penyalahgunaan obat-obatan, dan narkoba, lanjut fredy.  

“Usahakan Operasi ini agar berjalan aman dan tertib, apalagi waktu memasuki bulan ramadhan tinggal beberapa hari lagi, ini merupakan salah satu kegiatan yang BNN lakukan Jelang bulan Ramadhan untuk Membersihkan dan Memberantas Café-café yang Terlibat penyalahgunaan Narkotika, Papar fredy.

Selesai Apel, tim Gabungan langsung menyisir daerah Perbatasan Kab. Bone Bolango dan Kota Gorontalo. Sejumlah Pemilik dan Karyawan kafe di lakukan Pemeriksaan baik identitas, izin Kafe dan pemeriksaan test urine untuk mengindikasi keterlibatan dengan zat Narkotika.

Hasil Test urine yang dilakukan oleh petugas BNNK bone bolango berhasil menjaring 2 orang karyawan kafe asal Sulawesi Utara yang positif  menyalahgunakan zat Benzodiazepin. Dari hasil tersebut, karyawan kafe yang didapati langsung di amankan oleh petugas tim Brantas BNNK dan Anggota Polres Bone Bolango. 

Sementara itu di lain tempat , di daerah kawasan Kafe Pesisir pantai Kecamatan Kabila Bone Tim BNN, anggota TNI dan Anggota Satpol PP, mengamankan 2 orang sepasang Pengunjung Lelaki dan Perempuan yang terindikasi menyalahgunakan zat metamphetamin dan Zat benzodiazepine.

Dari Test urine yang Dilakukan oleh Petugas BNN Diketahui bahwa 2 orang tersebut hasilnya positif metamphetamin dan golongan benzodiazepine. anggota Brantas BNNK dan Satres Narkoba Polres Bone Bolango langsung mengamankan dua orang tersebut dan digiring ke Kantor BNNK Bone Bolango.

Razia Operasi Bersinar yang dilakukan disejumlah tempat hiburan malam wilayah Kab. Bone bolango menjaring 4 orang Positif Menyalahgunakan Zat terlarang tersebut.

Dari Hasil Tes Urine ini, tim Brantas BNNK Bone Bolango masih sementara Melakukan Pengamanan, penelusuran dan pengembangan lebih lanjut dari hasil penemuan dilapangan.

“indikasi hasil positif yang di temukan pada karyawan kafe dan pengunjung masih kami proses lebih lanjut, menurut penuturan dan hasil wawancara dengan 4 orang tersebut mereka memang pernah konsumsi obat-obat mengandung efek narkotika pada beberapa bulan lalu, papar Fredy.

Sementara itu mereka yang terjaring, masih dalam proses assessment dan menunggu proses selanjutnya, Lanjut Fredy saat berada di kantor selepas operasi bersinar tersebut. #StopNarkoba(rul)