Kamis, 22 November 2018
BNNK Bone Bolango Gelar Rapat Kerja Bagi Pemerintah Desa

BoneBolango/Gorontalo-Sebanyak 30 orang Camat dan kepala desa yang berasal dari 30 kecamatan yang ada di kabupaten bone bolango, mengikuti rapat kerja program pemberdayaan masyarakat anti narkoba di instansi pemerintah yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango pada rabu pagi (26/09) di  maqna hotel kota gorontalo. Adapun kecamatan yang diundang dalam gelaran tersebut antara lain, kecamatan bone pesisir yakni kecamatan kabila bone, bonepantai, bulawa, bone raya, bone dan botupingge.

Kegiatan yang digelar tersebut menurut Kepala BNNK bone bolango, Abdul haris pakaya, S.Pd.M.Si yang saat itu membuka acara, merupakan upaya tindak lanjut dari kegiatan penandatanganan MOU yang sudah disepakati oleh seluruh kepala desa dan camat di wilayah kabupaten bone bolango. “Pada kali ini giliran pemerintahan desa wilayah pesisir yang kami bekali dengan muatan P4GN”, tutur haris.

Dalam rapat kerja tersebut, peserta membicarakan upaya selanjutnya yang akan dilakukan terkait perjanjian kerja sama antara pemerintah desa dengan BNNK Bone Bolango. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni seperti mengadakan penyuluhan bahaya narkoba bagi masyarakat desa, mengadakan pemeriksaan urine bagi aparat desa dan kecamatan dan sampai membentuk relawan anti narkoba bagi masyarakat desa.

Menurut Abdul Haris, Pemerintah desa yang baik pihak camat dan kepala desa harus saling bersinergi dan selalu kompak untuk melakukan aksi P4GN di desa mereka. Mengingat wilayah pemerintah desa pesisir menjadi lokasi rawan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di bone bolango.

Selain itu abdul haris juga turut berpesan kepada para camat dan kepala desa agar sesegera mungkin untuk membentuk relawan anti narkoba di tingkat desa dan kecamatan, “karena mereka inilah yang dapat membantu tugas BNNK dalam upaya pemberdayaan masyarakat agar menolak narkoba di lingkungannya”,ujar Haris

Selain Kepala BNNK bone bolango yang memberikan muatan P4GN, Para camat dan kepala desa juga diberikan muatan materi tentang kebijakan dan strategi nasional P4GN oleh kabid rehabilitasi BNNP Gorontalo, Dra Maria Jeane Tanzil, Apt.

Camat dan kepala desa yang hadir juga dibekali dengan materi peranan masyarakat untuk mencegah bahaya penyalahgunaan narkoba di tingkat kecamatan dan desa oleh kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa, Suleman Panigoro, S.Pd.

Menurut Kepala dinas yang pernah menjabat sebagai camat tersebut, bahwa camat dan kepala desa harus memiliki komitmen dan konsekuensi yang tinggi dalam memberantas narkoba, sebab masalah narkoba ini sudah darurat dan ada dimana-mana.#StopNarkoba(rul)