Senin, 19 Februari 2018
BNNK Bone Bolango Gelar Pelatihan Satgas Pemuda Anti Narkoba

Gorontalo/Bone Bolango, Jumat (28/07) Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango menggelar kegiatan pelatihan dan pembinaan masyarakat anti narkoba dalam rangka pengembangan kapasitas di lingkungan masyarakat dengan mengundang sejumlah 20 orang peserta berasal dari pemuda dan pemudi karang taruna kecamatan se kabupaten Bone Bolango dan Satuan tugas (Satgas) Desa anti Narkoba Ayula selatan yang bertempat di Ruang Celebes, Maqna hotel Kota Gorontalo.  

Kegiatan yang dimaksudkan dengan tujuan meningkatkan peran aktif pemuda dan pemudi satgas anti narkoba dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat ini digelar agar menghasilkan upaya pengembangan dari pemberdayaan masyarakat khususnya para tokoh pemuda dalam bekerja sama dengan BNNK melakukan upaya Pencegahan dan penyalahgunaan, pemberantasan dan peredaran Gelap Narkoba (P4GN). 

Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan masyarakat (P2M) BNNK Bone Bolango yang menjadi Panitia di acara tersebut mengundang sejumlah narasumber yang dimaksudkan untuk memberikan pembinaan dan pembekalan kepada para peserta dengan harapan pemuda dan satgas yang sudah dilatih dapat menjadi perpanjangan tangan BNNK dalam melaksanakan dan memerangi narkoba di lapisan masyarakat dan lingkungan keluarga.

Abdul Haris Pakaya, S.Pd.M.Si selaku Kepala BNNK Bolango sekaligus menjadi narasumber pada acara tersebut menekankan kepada peserta dalam materinya narkoba, dampak dan pencegahannya, “peran satgas sangat diperlukan dalam masyarakat, sebab banyak masyarakat yang belum banyak tahu tentang pengetahuan tentang narkoba, maka dari itu perlu adanya peran aktif dari pemuda dan satgas yang sudah dibentuk ini, dalam upaya mensosialisasikan agar masyarakat tidak terjerat dengan kejahatan narkoba ini, papar haris

“kami dari pihak BNNK turut serta melatih dan membina adik-adik pemuda dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat dan keluarga, tambahnya.

Selain itu Hasil peran dan tugas para satgas ini, melalui upaya pencegahan narkoba akan terus kami evaluasi dan bahkan sampai kami akan jadikan percontohan di pusat bahwa di provinsi gorontalo, khususnya daerah kabupaten bone bolango menjadi kabupaten yang masyarakatnya peduli dan bersih dari penyalahgunaan narkotika, lanjut haris

Semoga Apa yang diharapkan dari kegiatan positif ini dapat diwujudkan oleh para pemuda dan pemudi satgas anti narkoba serta berperan serta memerangi bahaya narkoba, tutup haris dalam materinya.

Adapun yang narasumber lainya yakni dari Kepala seksi Berantas BNNK, AKP, Fredi Rubai, SH.  Dalam materinya, fredi memaparkan aspek hukum dalam P4GN serta upaya-upya dalam melakukan pelaporan kasus penyalahgunaan narkotika di masyarakat.

“Adik-adik Satgas anti narkoba yang sudah dibentuk oleh BNNK bone bolango Jangan takut untuk melapor ke kami jikalau terdapat tanda-tanda penyalahgunaan narkoba di lingkungan kalian, imbuh fredy, Kami siap turun apabila ada tanda maupun gejala penyalahgunaan narkoba di tiap kecamatan. Tambahnya.

Sebagai penutup acara pelatihan tersebut, peserta dibekali dengan teknik-tehnik konseling kepada penyalahguna dan pecandu narkoba oleh pemateri Mulyati Imran, S.KM. mereka di ajari cara mengatahui dan mendeteksi seseorang yang sudah mengalami gejala kecanduan narkotika dan proses konseling kepada seorang penyalahguna. Peserta yang hadir pun mendapatkan sertikat dan modul bahan pembelajaran sebagai bekal yang dapat dipergunakan dalam berperan aktif mencegah dan memerangi narkoba di lingkungan keluarga dan masyarakat. #StopNarkoba**(Rul)