Sabtu, 18 November 2017
BNNK Bone Bolango Gelar KIE P4GN di Masyarakat Desa Pesisir

Gorontalo/Bone Bolango, Kegiatan Komunikasi, informasi dan Edukasi (KIE) Pencegahan, Penyalahgunaan, Pemberantasan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di gelar oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango pada masyarakat desa wilayah pesisir dan perbatasan tepatnya di desa Taludaa Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango yang dilaksanakan Pada Jumat sore (25/08) bertempat di aula kantor desa taludaa. 

Acara yang dilaksanakan oleh seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Bone Bolango ini melibatkan sejumlah peserta dari Kepala Desa, Kepala dusun, para aparat desa, staf Kecamatan, tokoh agama dan para tokoh masyarakat yang ada di kecamatan Bone.

Turut hadir di kegiatan itu, Camat Kecamatan Bone, Yasin hadju, S.Pd yang membuka acara KIE tersebut.  Dalam sambutannya, Yasin menyampaikan apresiasi yang sangat besar untuk BNNK Bone Bolango dalam memerangi narkoba bahkan sampai ke desa paling ujung di bone bolango yang juga merupakan daerah perbatasan antara Provinsi Gorontalo dengan Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Yasin juga menambahkan turut mendukung program P4GN di Bone Bolango, terkait masalah Penyalahgunaan zat adiktif dan komik yang marak beredar di daerah ini.

Camat Bone tersebut menginstruksikan kepada kepala dusun dan kepala desa yang hadir untuk dapat mewaspadai para anak-anak yang berperilaku negatif dan mencurigakan yang terindikasi melakukan tindakan penyalahgunaan narkoba.

Camat juga menegaskan kepada masyarakat yang memiliki usaha kios maupun toko obat yang memperjualbelikan komix untuk dapat berhati-hati menjualnya. “Di Kecamatan Bone ini sudah darurat Komix, anak-anak dibawah usia 18 tahun harus dilarang membeli dan menggunakan obat tersebut apabila digunakan selain untuk menyembuhkan penyakit batuk, mereka harus dipantau dan selalu diawasi oleh kepala desa maupun kepala dusun,”imbuh Yasin. 

Menutup sambutannya yasin berpesan kepada peserta yang hadir untuk selalu mengawasi aktivitas para anak muda, khususnya para remaja dan anak sekolah agar mereka tidak jatuh terjerat ke penyalahgunaan narkoba, dan diharapkan agar masyarakat dan aparat desa tanggap  dan aktif berperan dalam menciptakan masyarakat yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Kepala BNNK Bone Bolango, Abdul haris Pakaya, S.Pd. Msi yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut mengharapkan agar para kepala desa dan kepala dusun yang hadir dalam acara tersebut melaporkan setiap kejadian penyalahgunaan bahan adiktif di desa mereka. Para masyarakat juga diharapkan dapat terlibat dalam program pencegahan dan pemberantasan narkoba antara lain melaporkan hal-hal terkait penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya. Selain itu Kepala BNNK Bone Bolango dan jajaran Pemerintah Kecamatan Bone telah menyepakati bersama akan membentuk Satgas di masing-masing desa kecamatan bone dan pihak kecamatan juga berharap dari pihak BNNK dapat melakukan tes urine bagi seluruh kepala desa di kecamatan bone dalam rangka pencegahan dan deteksi dini narkoba di wiayah tersebut.

Sementara itu pada malam harinya Pukul 20.00 Wita Petugas BNNK juga melakukan edukasi dan informasi melalui kampanye stop narkoba dan pemutaran film akibat menyalahgunakan narkoba dengan dihadiri oleh puluhan masyarakat desa setempat yang cukup antusias menyaksikan film-film bahaya dan dampak orang yang menyalahgunakan zat-zat narkoba #StopNarkoba**(rul)