Sabtu, 18 November 2017
BNNK Bone Bolango Bekali Guru BK Dengan Penguatan Program Rehabilitasi

Gorontalo/Bone Bolango. Sejalan dengan tujuan Kebijakan nasional dalam undang-undang nomor 35 tahun 2009 yakni salah satunya adalah menjamin pengaturan upaya rehabilitasi medis dan sosial bagi penyalahguna dan pecandu narkotika, maka Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone Bolango turut serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya mewujudkan Penguatan program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi di wilayah kabupaten Bone Bolango. Hal ini dilakukan dalam bentuk gelaran sosialisasi Program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi kepada para Guru Bimbingan Konseling (BK) di tingkat SMP/Mts dan SMA/MA se Kabupaten Bone Bolango pada Senin pagi (21/08) yang bertempat di maqna hotel kota gorontalo.

Kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah 25 orang perwakilan guru BK di tingkat SMP dan SMA di wilayah kabupaten Bone Bolango ini merupakan bentuk upaya BNNK Bone Bolango dalam mensosialisasikan program-program yang merupakan Kegiatan dari seksi rehabilitasi dan mengukur sejauh mana keberhasilan program rehabilitasi bisa berjalan dengan baik di lingkungan masyarakat.  

Terkait kegiatan tersebut, Peran Para guru BK di lingkungan sekolah dapat menunjang program rehabilitasi apabila ditemukan gejala indikasi penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa pada lingkungan sekolah, maka Partisipasi guru BK dalam melaporkan kasus penyalahgunaan tersebut sangat dibutuhkan dan dapat mendukung program upaya rehabilitasi korban penyalahguna narkoba.

Hadir dalam Sosialisasi itu Kepala BNNP Gorontalo, Brigjenpol Drs. Oneng subroto, SH.MH yang turut membuka acara dan menjadi pembicara pada kegiatan tersebut, Oneng menyampaikan bahwa rehabilitasi merupakan proses penyembuhan pecandu untuk dapat pulih dari ketergantungan zat-zat narkoba.

“Pecandu dan korban Penyalahguna Narkotika wajib menjalani proses rehabilitasi medis dan sosial, proses rehabilitasi dilakukan oleh lembaga-lembaga yang sudah ditunjuk BNN, ada korban penyalahguna yang rawat jalan adapula yang rawat inap, papar oneng

Kecenderungan sekarang adalah para warga masyarakat takut melapor jikalau terdapat tanda-tanda penyalahgunaan narkoba di lingkungannya , terutama buat guru apabila ditemukan hal- hal tersebut di sekolah laporkan ke BNN atau Lembaga rehabilitasi Yang terdekat dengan wilayah anda, Tambah Oneng.  

Peran guru BK disekolah sangat diperlukan, Guru BK melakukan Pembinaan bagi siswa yang sering tidak disiplin dan berperilaku negatif , menyimpang serta dapat menuju kepelarian penyalahgunaan narkoba. Ini Penting bagi Guru BK, maka dari itu mereka perlu tahu program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi apabila mereka menemukan tanda-tanda gejala siswa yang ketergantungan narkoba di lingkungan sekolah mereka, tandasnya.

Harapannya kerja sama dengan para pendidik konseling disekolah tersebut dapat mendukung program BNN serta upaya rehabilitasi dapat terlaksana secara maksimal.

Selain itu peserta yang hadir dalam sosialisasi itu juga dibekali dengan materi bahaya penyakit penyerta penyalahgunaan narkotika, Seperti Penyakit HIV Aids, Hepatis B, Hepatitis C, dan Sifilis yang di paparkan oleh Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kota gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH.

Dokter yang juga bertugas di Dikes Kota gorontalo tersebut, menjelaskan bagaimana mengenali orang yang sudah Kecanduan Narkoba, bagaimana cara merehabilitasinya sampai bagaimana orang itu bisa pulih dan terjun kembali ke masyarakat setelah proses pasca rehabilitasi.  

Kepala BNNK Bone Bolango, Abdul Haris Pakaya, S.Pd. M.Si Menyambut baik animo dari para guru BK tersebut dalam mengikuti kegiatan-kegiatan sosialisasi dari BNNK terutama sosialisasi mengenai program rehabiltasi. Haris yang juga ikut menjadi narasumber dalam acara itu, menjelaskan bahwa Upaya-upaya layanan program rehabilitasi yang di sosialisasikan pada kegiatan ini, diharapkan dapat membantu para guru BK dalam mengubah Perilaku anak didik mereka dari yang berperilaku negatif  ke perilaku yang positif serta perilaku mal adaptif, menjadi adaptif. #StopNarkoba (Rul)